Hobi Merpati 2

Sebulan yang lalu Saya membeli 1 pasang merpati dari pasar burung jl. wr supratman makassar. 4 Hari Kemudian 1 ekor saya lepas ternyata burung itu kabur dan tidak balik lagi. Jadi Saya beli lagi 3 ekor lagi, sehingga total sekarang 2 pasang, kemudian Saya solasi/lakban sayapnya. 3 bulu paling luar saya lakban jadi satu baik yang kiri maupun di sayap kanan. Setelah dilakban saya lihat pigeon tersebut cuma bisa melompat-lompat, tidak bisa lagi terbang. Hal ini Saya biarkan selama kurang lebih 2 minggu. Setelah itu lakban tersebut Saya buka. Hari ini Saya kaget karena 3 ekor doves saya sudah bertengger jauh di atas tiang listrik. Saya takut para dara ini akan kabur juga, eh ternyata kurang lebih 10 menit merpati tersebut sudah kembali lagi ada di sarangnya. Rupanya burung yang sudah tercatat sejarah ribuan tahun sebelum masehi (BC) sudah hafal dengan kandangnya. TETAPI SAYANG … kejadian ini cuma berlansung 1 hari. Pada besoknya dari 2 pasang tersebut 1 pasang melarikan diri, cuma 1 pasang yang sedang BERTELUR yang tidak pergi. Mungkin karena pasangan ini tidak mau meninggalkan telurnya. Hal ini perlu di ANTISIPASI agar agan-agan yang mau beternak merpati jangan melepas (LAKBAN/SOLASI) merpati sebelum pasangan tersebut bertelur dan menggeram. Ada pengalaman teman merpatinya KABUR saat telurnya tidak kunjung menetas.
Ini adalah kandang merpati Saya. Tidak terlau tinggi bukan? Kandang ini sering goyang diterpa angin, kepikiran untuk memindahkannya ke tempat lain yang lebih kokoh seperti tembok rumah ?.

Tinggalkan Balasan

